Gunung Kerinci, Jambi - Sumbar

Gunung Kerinci adalah gunung paling tinggi di Sumatera dan menjadi Gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.805 mdpl atau setara 12.484 feet. Gunung kerinci terletak diantara perbatasan provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Gunung Kerinci bertipe stratovolcano yang masih aktif dan teakhir kali meletus pada tahun 2009. Gunung Kerinci mempunyai beberapa nama sebutan yaitu : "Gunung Kerintji", "Gunung Gadang", "Berapi Kurinci", "Kerinchi", "Puncak Indrapura" dan "Korinci".

Lokasi Gunung Kerinci


Kawasan, Hewan Serta Tumbuhan Sekitar Gunung Kerinci

Dari atas Gunung Kerinci pendaki dapat melihat pemandangan Kota Padang, Jambi, Bengkulu dan Hamparan Samudera Hindia. Gunung Kerinci juga mempunyai kawah seluas 400x120 meter persegi. Kawah tersebut berisi air jernih berwarna hijau dan sebagai rawa air jernih tertinggi di Sumatera. Gunung kerinci dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat hewan langka yaitu Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Dan berbagai jenis fauna lainnya seperti Tapir, Kuskus, Gajah, Beruang Madu, Macan Tutul, Gibbon, Siamang. Monyet Ekor Panjang, dan berbagai jenis burung.

Gunung Kerinci

Mendaki Gunung Kerinci

Gunung ini dapat ditempuh melalui darat dari Jambi menuju Sungaipenuh melalui Bangko. Dapat juga ditempuh dari Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu. Dengan pesawat terbang dapat mendarat di Padang atau Jambi. Untuk mendaki ke puncak Gunung Kerinci membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari dari Pos Kersik Tuo.

Desa Kersik Tuo terletak pada ketinggian 1.400 mdpl. Masyarakat pada pedesaan ini merupakan keturunan Jawa. Untuk mendaki Gunung Kerinci ada bebera pos yang harus kita lewati, berikut ini pos yang akan ditempuh.

  1. Pos penjagaan TNKS atau R10 pada ketinggian 1.611 mdpi
  2. Pintu Rimba dengan ketinggian 1.800 mdpl
  3. Pos Bangku Panjang dengan ketinggian 1.909 mdpl
  4. Pos Batu Lumut yang berada di ketinggian 2.000 mdpl
  5. Pos 1 ini berada di ketinggian 2.225 mdpl
  6. Pos 2 yang berada di ketinggian 2.510 mdpl
  7. Pos 3 yang berada di ketinggian 3.073 mdpl
  8. Pos 4 berada pada ketinggian 3.351 mdpl

1 Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

  1. salam kenal, saya Erwin dari majalah Venue di Jakarta. mohon izin menggunkan foto TN. Kerinci Seblat untuk keperluan booklet pariwisata Indonesia. jika harus membayar royalti saya bisa dihubungi di win.gumilar@gmail.com. saya tunggu informasinya. terima kasih

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama